Bookmark and Share

Anggrek Douglas

April 12, 2009 | Oleh : | Kategori : Gaya  

anggrek_douglas3.JPG

Anggrek Douglas (photo: ian, Jln. Budi Utomo, 2009)

Anggrek jenis ini tidak jauh berbeda dengan jenis-jenis anggrek yang lain. Seperti yang dikatakan oleh pemilik Pondok Bunga di jalan Budi Utomo, no. A3, keistimewaan anggrek douglas ini dinilainya relatif. “Keistimewaan anggrek douglas justru terletak pada penikmat bunga itu sendiri,” ujarnya.

Perawatan anggrek douglas terhitung tidak terlalu rumit. Pagi dan sore cukup disiram. Bahkan air sisa dari pencucian beras juga bisa dipakai untuk menyiram. Di saat-saat tertentu anggrek douglas diberi asupan pupuk dan disemprot dengan anti hama.

anggrek_douglas2.JPG

Karena sifatnya yang universal, anggrek ini sering dipakai untuk keperluan dalam berbagai acara. Dari korsase pengantin, penghias kartu ucapan, hingga karangan bunga belasungkawa. Selain melayani pesanan dari dalam kota, usaha yang berawal dari sekedar hobi ini juga melayani pesanan dari Kota Singkawang, Sui. Pinyuh, dan juga Sintang. Tapi beberapa kendala juga bisa ditemui seperti faktor cuaca yang tak menentu ditambah lagi dengan krisis ekonomi global yang dirasakan sangat mengganggu kondisi kondusif usaha bunga hias.  (mumu poket monster/12/04/09).

anggrek_douglas4.JPG

Anggrek Douglas yang telah disortir dan akan dirangkai (photo: ian, jln Budi Utomo, 2009)

Tinggalkan komentar

3 Responses to “Anggrek Douglas”

  1. Murley_18 on May 27th, 2009 2:17 am

    bisa jadi peluang bisnis baru ne bagi masyarakat ptk,,,
    matap-mantap…….!

    [Balas Komentar]

  2. lina on December 14th, 2009 7:37 pm

    aq punya anggrek douglas rutin aq siram ,bagus mau hidup,selang beberapa bulan mati,mungkin daerah saya yang panas n sulit air,tp sudah saya usahakan di buat selembab munkin,kenapa ya?

    [Balas Komentar]

  3. Qnoy_Littlerascall on December 14th, 2009 10:14 pm

    @Lina : terimakasih telah berkunjung ke website kami..
    menurut keterangan dari berbagai sumber yang saya dapat dapat ditemukan fakta bahwa :
    1. Anggrek Douglas ( Van Douglas ) merupakan anggrek yang paling diminati oleh para pecinta flora di seluruh indonesia
    2. Untuk Jenis Van douglas diperlukan sekitar 20-30 % matahari ( arti nya jenis anggrek ini tidak bisa dletakan dan terkena matahari langsung.dan pada malam hari diperlukan suhu sekitar 21-24 C.
    3.Kelembapan Nisbi ( RH ).dapat diukur dengan mengunakan termometer yang didekatkan secara berdekatan, untuk anggrek berkisar antara 60-85 C, arti nya pada malam hari, apabila menggunakan media pot diusahakan tidak terlampau basah dan pada siang hari pada kelembapan yang rendah dapat dibantu dengan cara pemberian semprotan disekitar pertanaman dengan bantuan sprayer.
    4. Apabila anggrek anda telah menunjukan karakter bunga yang cantik dan menawan disarankan untuk mendokumentasikan dengan menggunakan media kamera digital,hp,dll karena bunga anggrek sangat bagus untuk dijadikan sebagai foto pajangan di ruang tamu,ruang pertemuan dll.

    terimakasih.
    selamat mencoba

    [Balas Komentar]